hamster hamil lucuinformasi hamster hamil

Cara Penanganan Hamster hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki hamster hamil adalah hal yang memang menyenangkan bagi para pecinta hamster. Tahukah Anda bahwa di dalam perut hamster yang sedang hamil ada kurang lebih 6 bayi hamster? Hal yang cukup mengherankan bukan?

Hamster hamil memerlukan penanganan khusus, sehingga si ibu hamster dapat melahirkan anak-anaknya dengan lancer dan dalam kondisi yang sehat. Dalam proses kehamilan hamster ini, ada 4 tahap utama yang perlu Anda ketahui supaya Anda dapat memberikan penanganan terbaik bagi hamster hamil kesayangan Anda. Ke-empat tahap itu adalah masa konsepsi (pembuahan), kehamilan, kelahiran dan penanagan bayi hamster.

Tahap pertama: menentukan masa konsepsi atau pembuahan.

Bagaimana caranya hamster bisa hamil? Tentu saja melalui proses konsepsi atau pembuahan dengan pejantannya… Tetapi perlu Anda perhatikan bahwa Anda juga perlu mengontrol proses pembuahan ini. Jangan sampai hamster Anda “kawin” tidak terkontrol yang bisa mengabitkan proses kehamilan hamster yang tidak sehat. Dengan mengontrol proses pembuahan hamster kesayangan Anda, Anda dapat mengatur hamster mana saja yang dikawinkan, berapa umur hamster-hamster yang Anda kawinkan, kapan hamster-hamster tersebut Anda kawinkan, dsb. Dengan begitu, Anda juga dapat mengontrol bayi-bayi yang akan dihasilkan dari proses perkawinan tersebut. Proses pembuahan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kondisi bayi hamster yang tidak sehat.

Tahap kedua: masa kehamilan hamster

Satu pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana mengetahui tanda tanda hamster hamil. Jika Anda mengontrol proses perkawinan hamster-hamster Anda, maka Anda akan mudah mengetahui dan menghitung umur kehamilan hamster Anda. Tetapi jika Anda tidak mengetahui kapan proses perkawinan atau pembuahan terjadi, akan sulit mengetahui ciri-ciri hamster hamil sampai umur kehamilannya sekitar 10 hari. Hal ini dapat diketahui dari bertambah besarnya perut si induk hamster. Hal yang menarik adalah lama hamster hamil adalah hanya 16 hari! Bayangkan, hanya dibutuhkan sedemikian singkat sejak pembuahan sampai dengan kelahiran bayi-bayi hamster. Di tahap ini, sangat penting bagi Untuk merawat hamster hamil, Anda perlu memperhatikan asupan makanan untuk si hamster hamil tersebut. Berikan makanan yang mengandung protein sehingga si induk hamster kehamilannya dapat berkembang dengan baik.

Tahap ketiga: masa kelahiran bayi-bayi hamster dan merawat anak hamster

Pada masa-masa mendekati proses kelahiran dan saat bayi-bayi hamster baru dilahirkan, penting bagi Anda untuk menerapkan cara perawatan bayi hamster yang benar, yaitu dengan  TIDAK menyentuh induk hamster maupun bayinya. Namun demikian, penting bagi Anda untuk selalu membersihkan kandangnya sehingga si induk hamster dapat merasa nyaman pada saat melahirkan. Hal menarik yang akan Anda temui pada saat kelahiran hamster adalah proses keluarnya bayi-bayi hamster. Ada bayi hamster yang terlahir dengan kepala terlebih dahulu dan ada juga bayi hamster yang terlahir dengan kakinya terlebih dahulu. Tidak usah khawatir, hal tersebut adalah normal, baik kepala atau kakinya terlebih dahulu.

Tahap keempat: pasca kelahiran

Setelah bayi-bayi hamster lahir, penting bagi Anda untuk TIDAK menyentuhnya. Tapi tetap jaga kebersihan kandang hamster Anda sehingga bayi-bayi hamster tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Nah, begitulah cara perawatan hamster hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga Anda dapat mempraktekkannya untuk bisa mendapatkan bayi-bayi hamster yang mungil dan lucu.

Selamat mencoba!

p.s. Jangan lewatkan video menarik ini : Mempersiapkan hamster hamil Anda menghadapi proses persalinannya :)